News Detail

Tips Membeli Rumah Kedua , Second Atau Baru ?

Tips Membeli Rumah Kedua- Membeli rumah untuk untuk yang pertama atau yang kedua sama-sama merupakan pengalaman sangat penting. Perlu pertimbangan matang-matang untuk mengambil keputusan tersebut. Setelah keputusan terambil pun masih harus melakukan pertimbangan lagi dalam memilih unit rumah yang akan di beli.

Sesuai dengan tajuk, artikel ini akan sedikit menjabarkan sebaiknya memilih rumah second atau rumah baru. Akan tetapi agar runutannya mudah dipahami, pembahasannya tidak akan langsung ujug-ujug masuk ke dalam perbandingan antara rumah second dan rumah baru. Sebelumnya tips membeli rumah kedua ini akan sedikit menjabarkan variable yang wajib diperhatikan dalam membeli rumah kedua.

5 Hal Wajib Dalam Membeli Rumah Kedua

Pengalaman membeli rumah kedua lancar dan/sukses, entah kredit, cash bertahap maupun cash keras adalah harapan. Untuk itu berhati-hati dalam mempertimbangkan adalah bijaksana. Semoga tips membeli rumah kedua ini bermanfaat. Selengkapnya sebagai berikut ;

1. Mengecek Kondisi Keuangan

Menentukan waktu yang tepat untuk membeli rumah kedua adalah kunci. Waktu yang tepat yang dimaksudkan adalah sebaiknya ketika kondisi keuangan benar-benar sehat. beban hutang tidak ada dan/atau tidak ada tanggungan apapun. Setidaknya pastikan penghasilan/pemasukan bisa mengcover beaya oprasional bulanan setelah membeli rumah kedua.

Biaya oprasional termasuk biaya pendidikan anak, dana darurat dan lain semacamnya. Jika ada keraguan sebaikanya terlibih dahulu melakukan konsultasi, agar tidak mengalami salah langkah. Konsultasi bisa langsung ke agensi property. Salah satu agensi lokal terbesar di jogja, yakni jogja realty melayani konsultasi terkait hal tersebut free, secara khusus rumah dijual di jogja dan properti-properti lain secara umum.

2. Mengevaluasi Tujuan Membeli Rumah

Selalu mengevaluasi keputusan sebelum mengambil tindakan juga adalah bijaksana. Sebelum melakukan akad jual beli sebaiknya diuraikan betul-betul alasan-alasan yang melatar belakangi. Kalua hasilnya memang betul-betul butuh membeli rumah kedua, sebaiknya juga dipahami pasti bagaimana nanti akan memanfaatkan rumah kedua.

3. Memilih Lokasi Yang Sesuai

lokasi yang sesuai di sini maksudnya adalah sesuai dengan motivasi membeli rumah kedua. Terdapat banyak sekali motifi/tujuan membeli rumah kedua. Ada yang karena rumah lamanya terlalu kecil sehingga membutuhkan rumah yang lebih besar, maka sebaiknya memilih lokasi yang strategis dengan daily activities. Ada yang karena rumah pertama berada di tengah kota yang panas, macet dan bising, maka sebaiknya memilih lokasi di daerah urban. Ada yang motifnya untuk sekedar investasi, maka sebaiknya memilih lokasi yang sedang mulai berkembang. Masih banyak motif-motif lain, maka pertimbangan memilih lokasinya juga berbeda-beda.

4. Memilih Tipe Rumah Yang Sesuai

Tipe Rumah Yang Sesuai di sini maksudnya sama prinsipnya dengan pertimbangan memilih lokasi, adalah tipe rumah yang sesuai dengan motif masing-masing. Kalua motifnya karena rumah lama terlalu sempit, maka sebaiknya memilih tipe rumah yang lebih besar dari rumah yang sudah dimiliki dan lain semacamnya sesuai kebutuhan.

5. Tepat Memilih Agensi Property/developer

Tips point e ini khusus bagi yang tidak yang dengan diri sendiri mampu menghendle porpses pembelian rumah dari awal sampai serah terima kunci. Tidak semua orang memiliki kecakapan ini, maka hadirnya agensi property adalah untuk membantunya. Tidak memiliki kecakapan lalu memilih untuk memproses sendiri adalah tidak bijaksana. Hal ini bisa menjerumuskan diri pada kasus penipuan, salah akibatnya mendapat harga di atas pasaran, dapat rumah yang tidak aman legalitasnya dan banyak resiko lain.

Demikian 5 tips membeli rumah kedua. Semoga tips ini bermanfaat. Selanjutnya artikel ini akan meneruskan pembahasan perbedaan antara membeli rumah second dan baru.

Rumah second memiliki banyak pangsa pasar, begitu juga rumah baru. Tidak masalah membeli rumah second. Ada banyak kelebihannya dibanding rumah baru dan/atau bangunrumah sendiri. Tentu pertama dilihat dari segi harganya. Tapi tetap sebelum ambil tindakan membeli rumah second, banyak yang perlu dipertimbangkan. Membeli rumah baru juga bagus, banyak juga kelebihannya. Tetap membeli rumah baru pun banya yang harus dipertimbangkan, tidak lantas pasti lebih baik. Berikut point-point penting yang menjadi kelebihan dan kekurangan rumah second dan rumah baru. Dimulai dari kelebihan dan kekurangan rumah second, Lebih Baik Rumah Baru ? Atau Second (link akan aktif besok pagi)

Related Posts

Compare

Enter your keyword