News Detail

Beli Rumah Baru ? Ada Resikonya Juga

Banyak yang memutuskan untuk membeli rumah baru sejak awal tanpa sebelumnya membandingkan dengan alternatif lain, yakni rumah bekas. Bahkan tanpa sebelumnya memahami bahwa membeli rumah baru juga memiliki resiko tersendiri. Sebagaimana rumah bekas memiliki resiko dan keuntungan tersendiri.

Apabila Tuan dan Nyonya sudah terlanjur memutuskan untuk beli rumah baru, sebelum melangkah lebih lanjut, memahami resiko dan keuntungan beli rumah baru sangat bermanfaat. Pemehaman tersebut akan otomatis memberi Tuan dan Nyonya evaluasi atas pilihan yang sudah dipilih atau justru menjadi penguat.

Artikel ini akan memaparkan sedikit pembahasan mengenai resiko dan keuntungan beli rumah baru, sebagai lanjutan artikel sebelumnya, yakni Resiko dan Keuntungan Beli Rumah Bekas. Artikel ini kiranya menjadi khazanah ilmu yang bermanfaat.

4 Resiko beli rumah Baru

Resiko identik dengan hal-hal yang tidak diinginkan. Resiko dalam kamus besar Bahasa Indonesia online dimaknai sebagai akibat yang kurang menyenangkan (merugikan, membahayakan) dari suatu perbuatan atau tindakan.

Agar Tuan dan Nyonya tidak menyesal kemudian, memahami resiko dari suatu keputusan secara betul-betul adalah keharusan. Dengan sudah memhami betul-betul resiko beli rumah baru, Tuan dan Nyonya bisa menyiapkan waktu, konsentrasi dan lain-lain untuk mengatasi resiko-resikonya. Resiko-resiko beli rumah baru sebagai berikut:

1. Harga lebih mahal

Rumah baru dibanding rumah bekas dengan lokasi dan tipe yang relatif sama tentu hargaya lebih mahal. Hal ini tidak perlu dijelaskan atau pun dibahas. Akan tetapi apabila Tuan dan Nyonya tidak memiliki kebutuhan hunian mendesak, membeli rumah siap bagun adalah solusinya. Harga rumah baru siap bangun dibanding rumah baru siap huni tentu lebih murah.

2. Belum siap huni

Rumah baru yang menggunakan Bahasa iklan rumah siap huni pun sebenarnya belum benar-benar siap huni. Apabila Tuan dan Nyonya membutuhkan hunian secara mendesak, membeli rumah baru sebaiknya dipertimbangkan ulang. Tuan dan Nyonya perlu menyiapkan matang-matang solusi untuk mengatasi kebutuhan huniannya terlebih dahulu. Belum siapnya rumah untuk dihuni juga terkait dengan fasum dan fasos juga lingkungan sosial.

3. Fasum dan fasos belum 100% siap

Fasum dan fasos suatu lokasi perumahan tentunya menyatu dengan unit-unit rumah yang ada di dalamnya. Developer yang baik idealnya membangun fasum dan fasos terlebih dahulu baru kemudian membangun unit-unit rumah. Akan tetapi pada prakteknya hanya sebagian fasum dan  fasos yang dibangun di awal. Seperti jalan perumahan dan main gate. Tak jarang saluran limbah rumah tangga dan dan pengolahannya belum siap. Hal ini karena instalasinya terkait antara rumah satu dengan rumah yang lain, sehingga akan betul-betul siap setelah semua unit rumah jadi.

4. Lingkungan Sosial belum terbentuk

Lingkungan perumahan baru tentu penghuninya juga baru. Lingkungan sosial secara otomastis belum terbentuk. Tuan dan Nyonya memiliki banyak hal yang perlu diinisisasi, seperti mengajak penghuni lain untuk berlangganan petugas sampah secara kolektif dan lain semacamnya. Kecual Tuan dan Nyonya membeli rumah baru di perumahan lama. Jarang, akan tetapi ada developer yang menyisakan kavling tanah di kawasan perumahan, kemudian baru dibangun setelah semua unit lain laku dan dihuni. Salah satunya rumah sedayu.

Apabila Tuan dan Nyonya menghindari 4 resiko beli rumah baru yang sudah dipaparkan  maka beli rumah bekas bisa dipertimbangkan. Selanjutnya adalah keuntungan-keuntungan beli rumah baru. Setidaknya terdaat 9 keuntungan beli rumah baru. Apabila 9 keuntungan tersebut mewakili impian Tuan dan Nyonya, maka sudah tepat pilihan membeli rumah baru.

9 keuntungan beli rumah baru

Keuntungan berasal dari kata untung yang diberi imbuhan di awal “ke” dan di akhir “an”. Untung dalam kamus besar Bahasa Indonesia sebagai laba yang diperoleh dalam berdagang dan sebagainya. Keuntungan bisa dimaknai hal mendapat untung (laba) atau kemujuran; kebahagiaan. Kkeuntungan beli rumah baru adalah kemujuaran, kebahagiaan dan hal mendapat untung dengan memlebi rumah baru. Sesuai dengan sub judul, 9 keuntungan beli rumah baru sebagai berikut:

1.Desain rumah impian Anda sesuai gaya Anda

Apabila Tuan dan Nyonya bisa memiliki kamar mandi cantik, kitchen set, pencahayaan, lantai, dan pilihan lain yang Anda suka sesuai selera, Kenapa harus mendapat pilihan orang lain? Tuan dan Nyonya juga bisa menyesuaikannya furniture sesuai selera. Memilih lemari, meja, perabotan, karpet dan lain semacamnya sesuai selera. Rumah baru sebaiknya merefleksikan gaya Tuan dan Nyonya, bukan gaya orang lain.

2.Bebas menentukan tata letak ruang sesuai kebutuhan:

Tidak semua developer memberikan keleluasaan menentukan tata letak ruang sesuai selera pembeli. Beberapa developer meminta dana tambahan untuk perubahan diluar denah yang ditawarkan. Ada juga developer yang memberikan keleluasaan itu secara cuma-cuma, asalkan tidak sampai merubah tipe atau ukuran rumah. Apabila Tuan dan Nyonya membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pemesanan rumah baru yang bisa custom, silakan menghubungi Jogja Realty.

3.Semuanya baru dan masih bergaransi:

Apabila Tuan dan Nyonya beli rumah bekas yang full furnished, tentu kualitas perabotannya cenderung kurang baik. Tak jarang mungkin harus segera diganti dengan yang baru. Sebaliknya beli rumah baru, otomatis juga perabotannya baru dan pasti merupakan furniture keluaran terbaru yang masih ada garansinya. Tuan dan Nyonya tentu tidak ingin mengeluarkan anggaran lagi untuk renovasi. Seperti memperbaiki atau mengganti atap, perabotan, meja atau pemanas air dan lain semacamnya.

4.Hemat energi dan biaya

Rumah baru akahir-akhir ini jauh lebih hemat energi dibandingkan dengan rumah-rumah yang dibangun 5 tahun lalu. Apalagi dibandingkan dengan rumah yang dibangun sepuluh sampai dua puluh tahun lalu. Tuan dan Nynya jangan puas apabila udara yang masuk lewat jendela satu panel? Saat ini banyak rumah-rumah baru yang memiliki panel jendela dobel, bahkan sampai tiga panel. Jendela yang memiliki panel khusus dengan lapisan antar kaca, pastinya ramah terhadap perubahan iklim. Hal ini akan menghemat lebih banyak energi dan juga uang Tuan dan Nyonya.

5.Kualitas udara dalam ruangan dan kenyamanan:

Rumah-rumah baru rata-rata dibangun menggunakan standar ketat. Seperti menggabungkan efisiensi energi dengan citarasa seni. Hal ini bisa diaplikasikan pada ventilasi, filtrasi udaranya dan lain semacamnya. kenyamanan dan kualitas udara adalah hasilnya, di dalam ruangan udaranya lebih sehat, nyaman dan tentu lebih baik.

6.Rendah biaya pemeliharaan:

Saat ini mobil-mobil baru sudah dirancang menggunakan computer. Hasilnya adalah performa mobil jauh lebih andal dibanding mobil berusia lima belas sampai dua puluh tahun. Hal yang sama juga terjadi pada rumah. Rumah-rumah baru saat ini didesain memiliki memiliki ruang terbuka dan langit-langit yang tinggi. Hal ini mencerminkan cara hidup kita hari ini. Hasil lainnya adalah pemeliharaan yang lebih mudan dan tentu lebih murah.

7.kenyamanan sebuah kompleks:

Banyak perumahan baru menyediakan pusat aktivitas bagi penghuninya. Bergaya resor, tersedia kolam renang, juga clubhouse secara lengkap. Ada juga perumahan baru yang menyediakan jogging trek dan lahan terbuka yang aman. Beberapa malah sudah sampai menyediakan fasilitas umum seperti sekolah ataupun pusat belanja dekat atau bahkan berada di dalam komplek perumahan. Hal ini memberikan kenyaman dan keamanan tersendiri untuk keluarga Tuan dan Nyonya.

8.Memiliki perlindungan

Rumah baru umumnya memiliki garansi atau asuransi rumah. Sehingga bila terjadi kerusakan pada rumah Tuan dan Nyonya seperti keretakan atau kebocoran, maka dapat memperbaikinya dengan mengajukan klaim sehingga menghemat biaya. Pihak developer juga tak jarang menyediakan waktu 1 x musim hujan atau 1 tahun untuk garansi.

9.Memiliki jaminan keamanan:

Material dan desain bangunannya rumah baru tentu dirancang seaman mungkin. Misalnya rumah tersebut mampu memminimalisir dampak gempa, kebakaran dan banjir. Selebihnya, tentu faktor pendukung untuk keamanan lingkungan juga tersedia, seperti satpam, main gate dan/atau kartu khusus untuk akses masuk.

Demikian 9 keuntungan beli rumah baru. Kiranya bermanfaat untuk Tuan dan Nyonya.

Artikel edukasi lain | Rumah dijual di jogja lengkap

Related Posts

Compare

Enter your keyword