News Detail

Kontrak Rumah Di Jogja, Tips Untuk Pelajar SMA

4 Tata Cara Kontrak Rumah di Jogja

Pelajar SMA sederajat dan Mahasiswa di Jogja yang diterima meningkat jumlahnya, karena lembaga-lembaga pendidikan di jogja aktif meningkatkan kapasistas dan daya tampung untuk menutupi kebutuhan pendidikan di indonesia.

Dampaknya adalah kebutuhan kontrak rumah di jogja sangat tinggi dan selalu meningkat beriringan dengan perkembangan lembaga pendidikan. Tempat tinggal yang dimaksud dalam artikel ini adalah kos-kosan dan kontrakan.

kontrakan di Jogja tersedia sangat banyak, tersedia hampir di seluruh wilayahnya bahkan sampai di pelosok-pelosok. Tersedia dari yang harganya sangat murah dan sebaliknya. Banyak pilihan dari yang speknya sederhana sampai yang super mewah. Beragamnya varian harga, lokasi dan spek memberikan keleluasaan bagi calon penghuni untuk menetukan pilihan sesuai kebutuhan dan selera.

Namun sebaliknya, banyaknya ketersediaan kos-kosan dan kontrakan untuk yang baru pertama ingin kontrak rumah di jogja, tak jarang justru membingungkan. Terdapat beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan agar kamu tidak mengalami kebingunan yang sama.

Kalua kamu salah satu pelajar SMA yang baru pertama kali ingin mengontrak, agar bisa mendapat kontrakan yang pas dan betah, simak Tips kontrak Rumah Di Jogja sampai habis ya.

Baca Juga: Faedah dan Cara Agar Punya Rumah di Usia Muda

I. Mempersiapkan Keuangan

Pertama-tama yang harus kamu lakukan sebelum memilih rumah kontrakan adalah menentukan seberapa besar kemampuan bayarmu untuk kontrak rumah di Jogja perbulan. Karena kamu masih dibiayai kedua orang tua, maka sebaiknya hal ini disiskusikan bersama mereka. Harapannya kamu sendiri nyaman dan kedua orang tua tidak diberatkan.

Agar lebih aman, sebaiknya dibuat pembukuan rencana biaya yang dikeluarkan perbulan. Termasuk biaya untuk kebutuhan logistik setiap hari, seperti makan, minum, jajan, kopi dan lain semacamnya. Termasuk juga pengeluaran wajib bulanan seperti tagihan listrik, biaya transportasi atau bahan bakar mobil/motor, langganan TV kabel (jika menggunakan) dan lain semacamnya.

Apabila kebutuhan bulanan sudah terdaftar secara rinci, selanjutnya sudah bisa menentukan seberapa kemampuanmu murni untuk biaya kontrak rumah di jogja.

II. Memilih Rumah

Keuangan sudah dipersiapkan secara matang bukan berarti kamu sudah siap untuk memilih rumah. Memilih rumah untuk kontrak rumah di jogja juga ada variable-variable yang perlu dipertimbangkan matang-matang. Intinnya inti dalam memilih rumah adalah bagaimana rumah yang diperoleh nanti ketika sudah ditinggali tidak mengakibatkan pembengkakan rencana biaya yang sudah dibuat.

Misalnya lokasinya yang terlalu jauh sehingga biaya trasportasi meningkat. Misalnya lagi lokasinya dekat area wisata sehingga harga kebutuhan logisting lebih tinggi dan lain semacamnya. Agar lebih jelas, simak variable-variable berikut dengan teliti.

1. lokasi/jarak

Lokasi/jarak sangat penting untuk diperhatikan dalam menentukan pilihan kontrakan, karena lokasi kontrakan pasti berpengaruh pada biaya oprasional bulanan. Misalnya lokasi terlalu jauh dari sekolahmu kamu, maka biaya untuk transportasi menggemuk.

Sebaiknya memilih lokasi yang dekat dengan sekolah. Tentu harus memilih kontrakan yang harga kontraknya sesuai dengan penganggaran keuangan. Miskipun dekat dengan sekolah, tidak ada penggemukan biaya transportasi, akan tetapi kalua harga kontraknya mahal maka sama saja ada penggemukan biaya bulanan.

2. lingkungan sosial

lingkungan sosial juga masih terkait dengan oprasional bulanan, akan tetapi tidak hanya semata-mata prihal biaya oprasional. Lingkungan memiliki gaya hidup dan gaya hidup adalah alasan paling besar yang mengakibatkan manusia sering kehabisan uang sebelum tanggal gajian. Selain prihal biaya oprasional, lngkungan sosial juga mempengaruhi kenyamanan tinggal, jangan sampai sudah membayar kontrakan lantas merasa tidak nyaman karena lingkungan tidak cocok.

3. Fasilitas

Setiap kontrakan memberikan fasilitas yang berbeda-beda. Ada yang memberikan gratis listrik, ada yang menyediakan AC atau kipas angina. Karena kamu sudah menetapkan anggaran maka mudah saja. Tinggal memilih kontrakan yang sesuai budget dan memberikan fasilitas paling nyaman.  

III. Meminta Inventori

Kontrakan memang tidak berisi dengan prabotan, pun begitu inventori sebuah unit property tetap saja harus detail. Caranya dengan meminta foto unit rumah secara detail dari luar sampai dalam setiap ruangan. Hal ini perlu, agar unit rumah yang disurvey untuk kontrak rumah di jogja tidak terlalu banyak dan betul-betul sudah paling sesuai dengan harapan.

IV. Melakukan Survey Lokasi

Survey unit rumah kontrakan sebelum melakukan pembayaran apapun adalah hal yang wajib. Meskipun kamu sudah menentukan pilihan berdasarkan data-data yang dikumpulkan dari internet dan agen atau owner kontrakan. Karena data digital tidak bisa 100% sama dengan kondisi sesungguhnya.

Survey lokasi adalah hal terakhir yang perlu dilakukan sebelum melakukan akad kontrak rumah di jogja (link akan aktif besook) di hadapan notaris. Setelah melakukan survey maka seharusnya kamu sudah menemukan rumah yang paling ideal dan sesuai dengan budgeting yang sudah dilakukan sejak awal. Maka langkah selanjutnya adalah pergi ke kantor notaris untuk melaksanakan akad sewa-menyewa.

Akan tetapi jika setelah survey kamu tetap blm menemuka rumah kontrakan yang sesuai dengan selera dan budget yang ditentukan, sebaiknya kamu meminta bantuan agent untuk membantu mendapatkan rumah untuk kontrak rumah di jogja yang betul-betul pas. Karena kalua tidak betul-betul cocok lalu dipaksakan, hawatirnya kamu tidak akan bertahan lama tinggal di kontrakan yang sudah kamu bayar.

Related Posts

Compare

Enter your keyword