News Detail

Tips Survey Rumah Sebelum Membeli

Tips survey rumah sebelum membeli sebuah rumah, pada umumnya calon pembeli melakukan survei lokasi unit yang sebelumnya sudah dicari dan dipilih dari internet. Ada calon pembeli yang mencari rumah melalui marketplace khusus property, ada yang di sosial media dan ada yang langsung mengunjungi web agensi property seperti jogjarealty.com. Anda bisa memilih sendiri akan mencari property menggunakan platform yang mana, tipsnya adalah pilih platform yang dirasakan paling mudah.

Baca Juga: Beli Rumah di Jogja , Solusi Anda Jadi Lebih Kaya

Mengapa survey lokasi penting? Kita bisa mengganti bentuk arsitektur bangunan, akan tetapi tidak bisa mengubah lokasinya. Tidak hanya lokasi saja, saat survey unit yang akan dibeli, sebaiknya Anda juga melakukan pengecekan yang detil mengenai kondisi lingkungan perumahan dan sekitarnya.

lingkungan sekitar yang sesuai dengan gaya hidup Anda adalah faktor yang tidak kalah pentingnya dengan lokasi strategis. Oleh karena itu, tips survey rumahnya adalah sebelum memutuskan rumah tersebut pas dengan keinginan, beberapa hal berikut ini wajib Anda lakukan terlebih dahulu.

4 Hal Penting Saat Survey Rumah

1. Mengecek Lokasi

Lokasi adalah hal yang paling menentukan harga property. Semakin strategis lokasi maka harganya pasti lebih mahal. Hal penting saat survey yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi adalah seberapa strategis lokasi rumah tersebut dengan tempat Anda beraktifitas sehari-hari. tips survey rumahnya; semakin dekat dengan titik-titik lokasi aktifitas sehari-hari Anda masing-masing maka semakin bagus.

Lokasi dekat dengan pertokoan dan kafe, taman, sampai akses transportasi memang penting. Saat survey Anda bisa mengetes langsung berapa lama waktu yang perlukan untuk berjalan kaki dari unit rumah yang sedang disurvey menuju fasilitas-fasilitas umum pertokoan dan kafe, taman, sampai akses transportasi. Ada nilai lebih untuk rumah yang lokasinya bisa ditempuh dengan waktu kurang dari 10 menit berjalan kaki menuju fasilitas-fasilitas umum tersebut. Akan tetapi nilai lebih tersebut juga pasti berbanding lurus dengan  harga yang juga lebih. Maka tipsnya; memilih unit yang sesuai dengan budgeting dan dekat dengan aktifitas sehari-hari adalah pilihan yang bijak.

2. Observasi Gaya Hidup

lokasi rumah pasti mempengaruhi gaya hidup sehari-hari kita. Semua tentunya menginginkan memiliki rumah dekat dengan pertokoan dan kafe, taman, sampai akses transportasi. Namun lokasi strategis ini jangan sampai mengorbankan budgeting kita dan nilai-nilai sosial. Maka tips survey rumahnya; memilih lokasi sesuai budgeting dengan lingkungan sosial yang sesuai dengan nilai-nilai Anda adalah kebijaksanaan. Apalagi mengorbankan diri berada di area bising seperti terlalu dekat dengan pom bensin, bangunan industri, jalan poros utama, terminal, rel atau stasiun kereta api, bandara, area kantor pemerintah dan lain-lain. Kesehatan jasmani dan ruhani Anda sebaiknya tidak diabaikan. Dengan ini sudah jelas saat survey lokasi, Anda juga perlu mengecek variable-variable yang mempengaruhi gaya hidup.  

3. Uji Kelayakan Huni

Mengenai kelayakan huni saat survey tipsnya kita bisa melakukan observasi langsung dan ditambah bertanya kepada warga sekitar atau langsung kepada RT/RW setempat mengenai rumah yang sedang Anda survey. Apabila informasi yang diperolah masih kurang lengkap sebaiknya bertanya juga kepada pihak pengembang perumahan yang sedang anda survey. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menguji kelayakan huni yaitu, aspek cahaya memadai, pemandangan, bau, tingkat kebisingan rendah, denah rumah fungsional dan keamanan legalitas. Penjelasan detilnya sebagai berikut:

1) Aspek cahaya

Aspek cahaya yang masuk ke dalam ruangan adalah faktor penting sebelum membeli rumah. Semakin banyak cahaya matahari bisa masuk ke dalam setiap ruangan maka semakin baik. Oleh karena itu mempertimbangkan arah mata angin dan ke mana rumah tersebut menghadap juga merupakan hal yang penting.

Pada umumnya rumah menghadap timur dianggap lebih baik, karena penghuni akan mendapat sinar matahari pagi yang cukup. Sebagian ada juga memilih setiap ruangannya mendapat cahaya matahari, dengan adanya jendela bisa dibuka yang terkena sinar matahari dan/atau sebagian atap ruangan transparan.

Beberapa gambaran pilihan yang sudah dipaparkan bisa menjadi pertimbangan Anda saat survey dalam memilih rumah. Tipsnya adalah pilih yang memiliki pencahayaan yang sesuai kebutuhan aktifitas Anda dengan efisien dengan cost yang tidak berlebih.

2) Pemandangan, bau dan kebisingan

Aspek lainnya yang tak kalah penting adalah pemandangan. Rumah yang dilengkapi oleh pemandangan air mengalir seperti sungai atau taman tentu akan menambah nilai hunian. Hal lain yang tidak jauh jauh dari pemandangan adalah bau. Beberapa lokasi karena berbagai factor yang berbeda-beda memiliki kualitas udara yang buruk. Sehingga tidak nyaman untuk tempat tinggal, seperti dekat dengan tempat pembuangan akhir (TPA), dekat saluran limbah industry dll. Hal selanjutnya yang harus diperhatikan saat survey adalah tingkat kebisingan, di malam hari dan juga siang hari. Keinginan semua orang adalah memiliki rumah yang dekat dengan fasilitas umum, memiliki pemandangan bagus, tidak bau dan bising, dan sekali gus menjadi tips untuk pertimbangan Anda.

3) Denah rumah fungsional

Kebanyakan orang menyukai ruang tamu dengan model terbuka (open plan), serta denah ruang yang pas untuk area hiburan. Kadang tidak mudah untuk mengubah denah ruang, maka dari itu jangan sampai Anda terjebak dalam pemetaan ruang yang tidak disukai sehingga perlu mengeluarkan budget lagi untuk melakukan renovasi. Tipsnya, sebelum memilih rumah dan sebelum melakukan survey sebaiknya Anda membuat daftar kebutuhan ruang secara detil.

4) Kesalahan dan pembangunan ilegal

Jangan sampai Anda terjebak dalam tipuan pengembang. Tipsnya untuk konsumen. sebaiknya lebih berhati-hati ketika hendak membeli rumah baru. Untuk memahami kerusakan atau kesalahan dalam membangun instalasi rumah, konsumen bisa meminta bantuan dari profesional yang berpengalaman. Konsumen juga harus mengecek keabsahan status tanah untuk membangun rumah. Jangan sampai pengembang membangun perumahan di area ilegal. Apabila Anda ragu-ragu terkait hal ini, tips selanjutnya, sebaiknya Anda menggunakan jasa pendampingan agensi property yang terpercaya, seperti Jogja Realty di jogja untuk mendampingi saat survey dan proses selanjutnya.

4. Bersikap seperti investor

Langsung ke tips; pembeli yang pintar seharusnya bisa mengadopsi trik dari para investor ketika hendak membeli rumah. Sekali lagi, jika Anda tidak memahami aspek penting dari rumah yang potensial, coba ajak seseorang saat survey untuk mengecek kondisi secara objektif. Mereka akan memberi saran dengan kepala dingin mengenai apa yang harus dan jangan Anda lakukan. Seperti agen property yang sudah dipaparkan pada point sebelumnya.

Related Posts

Compare

Enter your keyword